Customer Relationship Manajemen? Apa yaa….?

Apa sih CRM itu?

CRM itu merupakan proses dari beberapa tahapan yang terdiri dari Indentifikasi, akuisisi, retensi dan pengembangan customer yang memberikan kontribusi yang besar kepada perusahaan dengan cara memfokuskan strateginya yaitu dengan cara menjaga hubungan dengan customer secara efektif dan efisien sehingga hubungan tersebut menjadi hubungan seumur hidup (“lifetime”) yang menguntungkan.

Dari metode ini, pasti memiliki tujuan. Tujuan dari metode ini adalah :

  • Dengan menggunakan relasi untuk meningkatkan pendapatan (grow reveneu)
  • Meningkatkan pula penghasilan dengan melakukan identifikasi, mengaktrasikan dan menguasai pelanggan-pelanggan yang baik

Untuk lebih jelasnya, kita lihat aplikasi CRM pada perusahaan. Perusahaan yang ditinjau kali ini adalah Allianz Polska. Perusahaan asuransi yang berbasis di negara Polandia. Pasar asuransi mengharuskan Allianz menggunakan berbagai cara yang inovatif dalam hal sales channel untuk mencapai klien dengan cara yang sesuai dengan klien seperti : agen, mobil dealer, broker, dan segala macam media jaringannya, dan kemudian dikumpulkan untuk melihat gambaran penuh dari klien akhirnya dan menawarkan jasa yang terintegrasi. Karena itu mereka mulai menggunakan CRM.

Dari aplikasi ini, maka Allianz Polska mendapatkan beberapa keuntungan, yaitu :

  • Dengan teknologi ini, dapat memungkinkan sales/agen mengakses database klien secara real time kapanpun dan dimanapun.
  • Dapat memetakan keinginan klien dengan database yang lengkap
  • Menjadi perusahaan “papan atas” dalam pasar asuransi di bidang kepuasan pelanggan

~ by adityabp on December 3, 2008.

Leave a comment